DPD PKS Kabupaten Lebak mengadakan webinar bertema "Kiprah Pejabat Publik" yang menghadirkan Dian Wahyudi, ST. Kegiatan ini diadakan pada Sabtu (13/03) pukul 20.00 WIB. Kegiatan dilakukan lewat aplikasi zoom.

Peserta kegiatan ini merupakan kader PKS yang berasal dari seluruh wilayah kabupaten Lebak. Dalam paparannya, Dian Wahyudi yang merupakan anggota legislatif DPRD Kabupaten Lebak ini memaparkan bahwa pejabat publik sebetulnya merupakan pelayan rakyat.

"Dalam reformasi birokrasi ada 3 hal yang menjadi mindset pejabat publik. Pertama, mengubah 'penguasa' menjadi pelayan. Kedua, mengubah 'wewenang' menjadi 'peranan'. Ketiga, menyadari bahwa jabatan publik adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat"

Tiga hal ini tercantum dalam buku etika publik yang diterbitkan lembaga administrasi negara republik Indonesia sebagai perubahan mindset tentang reformasi birokrasi yang penting.

Dian Wahyudi juga mengatakan bahwa perubahan mindset yang dilakukan juga perubahan sistem mencakup kelembagaan, ketatalaksanaan, budaya kerja, dan lain-lain dalam mendukung terwujudnya good governance


Tidak sedikit peserta yang bertanya pada anggota dewan yang baru-baru ini mendapatkan award dari dewan pers karena aktivitasnya yang sangat produktif dalam menulis. Mayoritas peserta mempertanyakan dan mengeluhkan pelayanan publik yang dinilai kurang memuaskan.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama